KEBUT PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN, BPKPD JEMPUT BOLA KE DESA

PAJAK SRAGEN MENYAPA – Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Sragen  melalui Tim Mobil Layanan Pembayaran Pajak Daerah melakukan sambaing desa. Kunjungan sambang desa kali ini di desa Tunggul Kecamatan Gondang. Sambang desa merupakan salah satu kegiatan berupa kunjungan layanan pajak daerah ke desa. Layanan yang diberikan di desa Tunggul kali ini adalah layanan pembayaran pajak daerah khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Antusias dari warga desa Tunggul dusun Setri  cukup menggembirakan. Meski tidak terlihat antrian panjang, namun  warga yang membayar melalui layanan pembayaran ini tak pernah putus dari jam 09.00 wib hingga 13.00 wib. Satu persatu warga usia muda hingga lansia berdatangan untuk melunasi piutang PBB. Sementara tim layanan pembayaran melayani pembayaran PBB, personil tim lainnya melakukan publikasi keliling dengan menggunakan mobil.

Layanan dari BPKPD ini merupakan layanan gratis, warga tidak dibebani tambahan biaya lainnya saat melakukan pembayaran PBB. Sedangkan aplikasi yang digunakan untuk melayani pembayaran menggunakan aplikasi online yang terhubung dengan server BPKPD dan Bank Jateng. Sehingga warga yang membayar melalui layanan ini dijamin keabsahannya dan mendapatkan tanda terima yang resmi.

Layanan pembayaran melalui  mobil keliling ini mulai dirintis di BPKPD Kab.Sragen sejak tahun 2019 lalu. Hingga hari ini Kamis  03 Agustus 2023, penerimaan PBB telah tercapai sebesar 95,6% dari target pendapatan PBB di Anggaran Penetapan tahun ini. Dari target penerimaan di Anggaran Penetapan sebesar Rp. 28.000.000.000 telah tercapai sebanyak Rp. 26.772.116.000.

Jemput bola ke desa desa ini merupakan salah satu upaya dari BPKPD untuk mengebut penerimaan pajak daerah. BPKPD juga menempuh strategi dan upaya lainnya seperti, pendataan potensi,  penagihan dengan menggunakan robot virtual, intensifikais dan ekstensifikasi pajak daerah, pajak sragen menyapa, sampling ke desa-desa dan lainnya. Berbagai upaya tersebut ditempuh untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah kabupaten Sragen.

Posting Komentar untuk "KEBUT PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN, BPKPD JEMPUT BOLA KE DESA"