Lampaui Target PAD PBB Rp 7 Miliar Di Tengah Pandemi, Ini Kiat BPKPD Sragen

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Terpenuhinya, bahkan melebihi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Rp 7 miliar dilatarbelakangi beberapa hal.

Dari target Rp 25 miliar, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKPD) Kabupaten Sragen bisa melebihi target hingga Rp 32 miliar meski ditengah Pandemi Covid-19.

Kepala BPKPD Kabupaten Sragen, Dwiyanto kepada Tribunjateng.com mengatakan salah satu kiatnya ialah digunakan penagihan pajak kepada wajib pajak diingatkan melalui pesan whatsapp.

Dwi sapaan mengatakan pihaknya memanggil dengan robot otomatis. Ini merupakan sebuah inovasi yang dilakukan BPKPD di tahun ini agar pengelolaan keuangan berjalan lancar.

“Dari tahun ke tahun kami berupaya berinovasi agar pendapatan daerah pengelolaan keuangan bisa berjalan lancar. Termasuk hari ini kita melaunching salah satu inovasi di BPKPD robot otomatis,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Dalam robot otomatis ini, seluruhnya yang berkaitan dengan pajak baik penagihan, informasi pembayaran dan sebagainya diberitahukan melalui pesan whatsapp.

Selain itu, wajib pajak juga semakin mudah dalam proses mencari informasi terkait pajak maupun melakukan pembayaran pajak dari tahun ke tahun telah mudahkan.

“Inovasi di BPKPD terkait pajak diantaranya adalah engine untuk penagihan. Jadi ada engine menagih wajib pajak jika sudah mendekati akhir periode secara otomatis diberitahukan,” kata Dwi.

Jika salah satu keluarga atau pelaku wajib pajak memiliki nomor whatsapp akan secara otomatis bisa dihubungi robot otomatis. Dwi menyampaikan inovasi ini telah dicoba beberapa waktu lalu.

Metode penagihan secara otomatis itu dikatakan Dwi memberi manfaat luar biasa, terutama bagi wajib pajak di perusahaan-perusahaan.

“Jika pajak sudah jatuh tempo sudah ada pemberitahuan. Ternyata metode ini hasilnya luar biasa untuk tahun ini khusus PBB di atas target,” lanjut dia.

Tidak hanya mengingatkan apabila telah jatuh tempo atau bertanya tentang pajak, robot otomatis ini juga bisa menerima saran dari wajib pajak. (*)

Penulis: Mahfira Putri Maulani (Tribun Jateng)

Editor: sujarwo (Tribun Jateng)

Sumber: Tribun Jateng

https://jateng.tribunnews.com/amp/2020/11/24/lampaui-target-pad-pbb-rp-7-miliar-di-tengah-pandemi-ini-kiat-bpkpd-sragen

Posting Komentar untuk "Lampaui Target PAD PBB Rp 7 Miliar Di Tengah Pandemi, Ini Kiat BPKPD Sragen"